Your Ad Here

Kamis, 26 Maret 2009

Persamaan Simultan

Hubungan antar variabel ekonomi adalah suatu yang komplek. Model makroekonomi (Keynesian) misalnya aggregate demand (IS-LM) dan aggregate suplly (Phillips curve) merupakan hubungan yang simultan.
Persamaan simultan apabila digunakan model regresi (OLS) satu per satu akan mendapatkan kofisien estimasi yang bias. Oleh karena itu, perlu dilakukan dengan regresi simultan untuk menghindari bias tersebut. Salah satu estimator untuk persamaan simultan adalah two stage least square.
Materi lengkap teknik estimasi dan pengujian two stage least square dapat didownload klik PERSAMAAN SIMULTAN dan silahkan Anda komentari Topik ini atau dapat kita diskusikan pada Blog FORUM DISKUSI EKONOMETRIKA.

23 komentar:

Anonim mengatakan...

MOHON DIJELASKAN DETAIL REGRESI NON LINIER DAN PERSAMAAN SIMULTAN

SANJOYO mengatakan...

@Anonim,
Mudah mudah-mudahan yang akan datang dapat dibuat tulisan tersebut.

Salam
sanjoyo

Anonim mengatakan...

Pak, bagaimana memilih pembobotan dalam WLS di SPSS untuk mengatasi heteroskedastisitas. Terima kasih.

Anonim mengatakan...

Pak, menurut bapak persamaan simultan apabila digunakan model regresi (OLS) satu per satu akan mendapatkan kofisien estimasi yang bias. Jika persamaan penelitian 2 sls yang overidentified bagaimana cara menyelesaikannya? kemudian apa yang dimaksud variabel instrument, berapa banyaknya variabel instrument diperlukan? terima kasih banyak.

SANJOYO mengatakan...

@Anonim
Gunakan saja GLS dalam SPSS. Jadi sudah dibobot bail kasus hetrosedstik maupun atokorelasi.

Salam
Sanjoyo

SANJOYO mengatakan...

@Anonim,
Jika terjadi overidentikasi persamaan simultan dapat gunakan 2SLS dengan intrument variabel. intrument variabel adalah suatu variabel yang berkorelasi dengan varibel yang akan digantikan namun tidak berkorelasi dengan error. Sederhananya adalah varibel lag dari var eksogen mis x-1, x-2 dst.

Salam
Sanjoyo

Anonim mengatakan...

Saya menggunakan stata untuk masalah heteroskedastisitas dengan command robust. Apakah dapat dipertanggungawabkan secara akademik? terimakasih.

dayutya mengatakan...

Aslmkm,
pak saya nuna,. mau tnya, untuk persamaan simultan tetap dilakukan uji asumsi klasik kan pak? nha, tapi persamaan mana yg di uji? apakah satu per satu atau dibuat reduced formnya dulu atau bgmana y pak? mohon bantuannya,.. terima kasih sekali..

SANJOYO mengatakan...

@Nuna,

Jika Anda, pakai 2SLS dengan Eview maka output tersebut terlihat DW-nya (otokorelasi) setiap persamaan. Untuk normalitas test residual-nya. Untuk test heterosedastis memang belum ada menu-nya, tapi bisa coba dengan melukan weighted.

Salam

ambar mengatakan...

Pak Sanjoyo, saya mhsw PIE UI, sedang menyusun tesis menggunakan model persamaan simultan. Tp saya kesulitan dalam mengolah data menggunakan eviews 6. Bgmn tahapan penggunaan eviews menggunakan 2SLS untuk model persamaan simultan? mohon jawabannya pak. Terima kasih.

prima vandayani mengatakan...

pak, bagaimana prosedur pengerjaan 2SLS pada eviews 6?
bagaimana pula pengerjaannya secara manual beserta rumus-rumusnya?
bagaimana penurunan rumusnya?

terima kasih

Commodity Tips mengatakan...

There is a wide range of commodities, and they can be split into groups. Agricultural commodities encompass grains, pulses and other similar farmed products: examples are soybeans, cotton, wheat and sugar.

Mcx Tips mengatakan...

This is the perfect blog for anyone who wants to know about this topic. The article is nice and its pleasant to read. I have known very important things over here. I admire the valuable advice you make available in your expertly written content. I want to thank you for this informative read; I really appreciate sharing this great.

Commodity Tips mengatakan...

Pretty component of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to say that I get actually loved account your weblog posts. Any way I’ll be subscribing in your augment and even I success you access persistently rapidly.

Free Commodity Tips mengatakan...

Thank you for such a fantastic blog. Where else could anyone get that kind of info written in such a perfect way? I have a presentation that I am presently working on, and I have been on the lookout for such information. Commodity Tips | Intraday Tips

Unknown mengatakan...

Ingin bertanya bagaimana kalau data kita panel sekaligus pake persamaan simultan 2SLS. langkah pengolahan dengan eviews seperti apa ya pak?

Zakiah Hasan Majidi mengatakan...

Bagaimana langkah pengolahan dengan eviews jika menggunakan persamaan simultas 2SLS dg data panel?

ANANDA DIAN mengatakan...

pak saya mau bertanya, penelitian saya menggunakan 2sls dg mengukur simultanitas dividen dan hutang, semua asumsi klasik berhasil, normalitas berhasil tetapi ada heterokesdasitas, saya sudah transform tp hasilnya seperti itu, bagaimana ya pak ? apa tidak perlu menggunakan uji hetero ?

Misno mengatakan...

salam kenal pak, , akhirnya saya bisa ketemu kontak bapak, maaf pak saya mau tanya tentang persamaan simultan,,, mohon partisipasinya pak soalnya saya sedang kebingungan
yang ingin saya tanyakan : 1. Bagaimana interpretasi pada persamaan simultan bagian Multple R ?
2. Uji asumsi klasik pada persamaan simultan apakah di gunakan masing-masing pada setiap persamaan simultannya.... misalnya saya punya 2 persamaan simultan.. dari 2 persamaan ini apakah masing2 di uji asumsi klasik atau secara keseluruhan... disinilah saya bingung pak ? mohon partisipasiya pak, saya sangat butuh bantuan bapak...
Terima Kasih Pak

SANJOYO mengatakan...

@Misno,
1. Rkuadrat dinterpretasikan sebagau nilai prosentase yg bisa menjelaskan kontribusinya terhadap Vet dependent.

2. Bila menggunakan persamaan simultan, maka uji pelanggaran asumsi juga degan model keseluruhan.

zumaila mengatakan...

Pak sanjoyo, saya ingin bertanya bagaimana cara pengujian data (uji chow dan hausman) pada data panel jika menggunakan persamaan simultan 2sls?
Terima kasih

zumaila mengatakan...

Pak sanjoyo, saya ingin bertanya bagaimana cara pengujian data (uji chow dan hausman) pada data panel jika menggunakan persamaan simultan 2sls?
Terima kasih

SANJOYO mengatakan...

@Zumaila,

Silahkan down load materi saya ttg pers. simultan di blog ini

Poskan Komentar