Senin, 30 Maret 2009

PANEL DATA

Model Panel data digunakan untuk menganalisi data yang mengandung series dan crossection. Misalnya kita akan menganalisis produksi otomotif (Toyota, Daihatsu, Nissan, Mercedes, BMW) selama 10 tahun. Sehingga struktur data tersebut adalah data panel (crossection=banyak persahaan mobil, series=banyak data series 10 tahun).

Model sederhana adalah bahwa produksi = f(kapital, labor). Dengan menggunakan model Panel Data kita dapat mengestimasi koefisien model produksi tersebut.

Namun, adakalanya estimasi model produksi tersebut tidak signifikan karena ada missing variabel misalnya faktor manajerial yang juga menentukan produksi dalam model tersebut. Faktor manajerial adalah unobserve variabel (variabel yang sulit untuk diobservasi/ diukur).

Dengan Model Panel data dapat mengluarkan unobserve variabel tersebut yang kita sebut sebagai individual effect sehingga model produksi tersebut menjadi lebih baik.

Individual effect tersebut dikategorikan dua macam yaitu Fixed Effect dan Random Effect. Secara hipotesis bahwa jika sumber data berasal dari sample maka dugaan model panel adalah random effect, namum bila sumber data adalah data aggregate maka kecenderungan adalah fixed effect.

Namun demikian, dengan Hausman Test kita dapat memutuskan adalah model Panel Data tersebut Random Effect atau Fixed Effect.

Silahkan download materi lengkap klik Panel Data.
(5)Visit Our Sponsers

22 komentar:

dokuntansi.wordpress.com mengatakan...

kalo mau beli e-views dimana yah

SANJOYO mengatakan...

@Mba Kayou,

lihat perwakilan Eviews di Jakarta.

I'm SBN mengatakan...

Assalamu'alaikum pak Sanjoyo. Smoga anda selalu dalam rahmat Allah Swt..
Mohon pencerahannya pak. Saya sedang melakukan penelitian menggunakan data panel tentang pengaruh neraca dagang RI dgn tiap2 negara, perubahan kurs (tiap2 negara terhadap Rupiah) dan dummy politik (cicak vs buaya) terhadap FDI di Indonesia. Periode waktu yang saya ambil 8 bulan (mei-des09)dengan 9 negara sampel. (dummy=1, Okt, Nov, Des. Sebelum itu dummy=0), alpha=0,05. . Beberapa hal yang tidak saya mengerti:
1.Setelah dilakukan uji chow tanpa var.Dummy, hasilnya tdk signifikan, H0 diterima = model pool. Saya coba estimasikan tanpa weights, hasil uji t ada 1 var yang signifikan tapi uji F tdk sign. Kok bisa spt ini ya pak? (Sptnya jg tdk ada prmaslahan pada uji akar dan normalitas)
2.Hasil yg hampir sama juga terjadi ketika sy estimasikan dgn crosssection weight
3.Ketika poin 2 saya lakukan lagi plus pada coef cov method saya pilih white cross, ternya hasil uji t lebih bagus dgn 2 var yg signif tapi uji F tetap saja no signif.
4.Saya coba transformasi data dan hasil yg paling baik adalah model semilog (Log Vs Lin) pada posisi model pool+crossec weights+white crossec. Kali ini F signifikan namun nilai DW unweight kecil (0,77). Apa boleh sya pilih ALTERNATIF INI?
5.Pada poin 4 setelah diuji chow terpilih FEM dan Uji Hausman terpilih REM. Namun ketika disetimasikan dgn REM, hasilnya semakin kacau dgn tertolaknya semua uji t dan F meski sdh sya coba2 merubah coef cov method-nya. Dan akhirnya saya kembali ke poin 4

Dengan ini, sekali lagi saya mohon bantuan bapak.
Terima kasih, Insya Allah menjadi salah satu amal jariyah “klas ilmu yg bermanfaat” pak sanjoyo!!!

Sulthon – FE Unair

SANJOYO mengatakan...

@Sulton,

Saya sudah jawab di Blog "Forum Diskusi Ekonometrika"

Wasalam

Unknown mengatakan...

bapak,,saya diza..

saya mau tanya..
dalam analisis data panel apakah diperlukan asumsi stasioneritas??

terimakasih..

p.indra.p mengatakan...

assalamu'alaikum....
Yth. pak sanjoyo.
saya mau tanya,,cara uji LM di eviews6 gmn y??
saya sudah coba pake data unstack dan menggunakan program yang bapak buat. tp tetap saja tdk bs??
gmn caranya?? mohon pencerahnnya... terimakasih...
wa'alaikum salam....

indra-FEUNDIP

Fajria Zain Blog mengatakan...

assalamu'alaikum wr wb.
pak saya mau tanya bagaimana cara melakukan uji hausman. saya sudah coba run tapi saya tidak menemukannya hasilnya. begitu juga dengan uji LM test setelah dimasukkan variabelnya yang keluar adalah "DRNOA1 not defined" itu kira2 salahnya apa ya pak. jika mengenai data observasinya sebanyak 35 dan memang datanya unbalanced. terima kasih pak

Unknown mengatakan...

Salam Pak,.,Saya Alfredo Z

Pak Mau nanya apakah dengan analisis data panel dapat dilakukan peramalan untuk periode kedepan??

Thanks pak,.,

Unknown mengatakan...

pagi pak...
saya mau tanya,
1) dalam data panel,yg terlebih dahulu dilakukan mengestimasi model (commen effect, fixed effect dan random effect) atau menguji asumsi klasik seperti heteroskedastisitas dan autokorelasi (mslh yg sering muncul dlm data panel)?

2) apakah heteroskedastisitas pd regresi berganda sama dgn heteroskedastisitas pada data panel?kalo beda, bedanya apa ya pak?

saya mohon bantuan bpk untuk membalas di email saya athree09@ymail.com
trimakasih pak

Ririn Wulan Purnamasari mengatakan...

Assalamualaikum pak.
perkenalkan saya ririn.
sayaakan meneliti data makro mengenai investasi dan tabungan dalam integrasi ekonomi pak. dan disarankan untuk memakai granger causality for panel data? mohon penjelasan terkait granger causality for panel data pak? apa kelebihan model ini jika dibandingkan dengan analisis model yg lain?
terima kasih pak.

stock tips mengatakan...

Despite weakness in rupee weakness in crude oil in the domestic market has seen. On MCX, crude oil is 0.4 per cent at Rs 5100. Crude oil dropped 0.6 per cent in the international market and the price came to $ 92.
Commodity Tips

Anonim mengatakan...

Assalamualaikum...
saya ridwan, ijin tanya mas, ketika model yang saya dapatkan adalah random effect, apakah yang harus saya uji lagi mas..?
kemudian dr model tersebut hipotesi saya yang diterima ada 2, dan 1 hipotesisnya ditolak.
dengan R square 0.17893..
apakah model saya tersebut dapat diterima mas,,?
atau apa solusi terbaiknya mas,,?
Trimakasih sebelumnya/...

Unknown mengatakan...

assalamu"alaikum pak sanjoyo, ijin mo tnya
1. mengenai pemilihan model FEM ato REM.Ada di skripsi teman kalo menurut winarno (2009) dg hipotesis :
Ho: model random effect
Ha: model fixed effect
Kriteria:
H0 ditolak jika Chi-square hitung < Chi-square tabel, maka model FEM yang dipilih. Tapi menurut Gujarati malah kebalikannya, yaitu menerima REM. mhon penjelasannya?
2. mengenai jumlah sampel yg bnayak, apkah model yg kita pilih menjurus ke model REM. Saya coba meneliti mulai dari 102 perusahaan, trus jadi 70 prusahaan, trus dkurangi jd 62 perusahaan dg series 3 thun, kok masih tetap memilih REM ya? ap karena sampel yg bnayak, membuat nilai Fhitung dari uji hausman menjadi besar dan lbih besar dari Ftbel, shgg mnjd pilih REM?.mhon penjelasanya..
3. mengenai model FEM dan REM.pernah baca, jika model yg kita dapat adalah REM, maka treatmen/olah data selanjutnya tidak sama dengan jika kita memilih FEM? mhon penjelasannya...
trimakasih atas jwaban yg saya tggu...

Ccpuspita mengatakan...

Assalamualaikum pak saya mau tanya untuk metode panel sebenarnya ada dua kalau tidak saah pooled data, nah untuk tugas akhir saya sudah tidak perkenankan untuk menggunakan panel biasa, kalau untu metode poole yg lebih rumit bagaimana cara uji asumsi klasim dan normalitasnya yah, terimakasih

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum Pak Sanjoyo, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas ilmu yang Bapak share, karena sangat bermanfaat.

Saya coba download materi full tentang panel data, namun setelah dibuka via winrar, meminta untuk dimasukkan password. bolehkah saya mohon bantuannya untuk membuka file tersebut?

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum pak maaf mau tanya, saya sudah meregres pool data kemudian saya melakukan uji heteroskedastisitas dengan menggunakan cross section weight, nah hasil y terkena hetero karena weight statistic lebih kecil dari pada unweight. Mohon bantuannya pak untuk mengatasi heteroskedastisitas seperti apa yah agar weight statistic lebih besar dr unweight. Trims

badar baskoro mengatakan...

pak saya mau tanya bisa ga ya data panel digunakan untuk uji kausalitas granger?

Blogger mengatakan...

Did you know there's a 12 word sentence you can communicate to your man... that will trigger intense emotions of love and impulsive attractiveness for you buried inside his heart?

That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, look after and care for you with all his heart...

12 Words Will Fuel A Man's Love Instinct

This instinct is so hardwired into a man's mind that it will make him work better than before to do his best at looking after your relationship.

As a matter of fact, fueling this powerful instinct is absolutely mandatory to achieving the best ever relationship with your man that the instance you send your man one of the "Secret Signals"...

...You'll immediately notice him expose his soul and mind to you in a way he's never expressed before and he will perceive you as the only woman in the galaxy who has ever truly interested him.

Blog27999 mengatakan...

According to Stanford Medical, It is really the SINGLE reason this country's women live 10 years more and weigh 19 KG less than us.

(And realistically, it has absolutely NOTHING to do with genetics or some secret-exercise and EVERYTHING to do with "how" they are eating.)

P.S, What I said is "HOW", not "WHAT"...

Click on this link to reveal if this little test can help you release your true weight loss possibilities

Blog27999 mengatakan...

As reported by Stanford Medical, It's really the one and ONLY reason women in this country get to live 10 years longer and weigh on average 19 kilos less than we do.

(And really, it has NOTHING to do with genetics or some secret diet and EVERYTHING about "how" they eat.)

P.S, What I said is "HOW", not "WHAT"...

TAP this link to determine if this short quiz can help you find out your true weight loss potential

Blog27999 mengatakan...

Easy "water hack" burns 2 lbs OVERNIGHT

At least 160,000 women and men are trying a simple and secret "liquid hack" to drop 2lbs each night in their sleep.

It's very simple and works all the time.

Here are the easy steps for this hack:

1) Go get a drinking glass and fill it half glass

2) Proceed to use this crazy hack

you'll become 2lbs skinnier when you wake up!

Best call center services mengatakan...

Thanks for supporting your time to post such an interesting & useful content.Thank you so much, I appreciate your work.
direct data entry projects with company

Posting Komentar