Your Ad Here

Senin, 01 Desember 2008

Aplikasi VAR: Currency Crisis Effect on the Stock Market- A Case Study in Indonesia

Studi ini menganalisa hubungan sebab akibat rupiah exchange rate dengan stock price market index di Indonesia selama Februari 1996 sampai dengan Juli 2000 dengan menggunakan Vector Autoregression (VAR). Data harian di bagi dalam tiga sub-period: pre-crisis, peak-crisis dan post- crisis. Studi ini menunjukan bahwa ada pengaruh yang kuat rupiah exchange rate terhadap stock price index dalam kurun waktu post crisis serta adanya tendensi pengaruh yang kuat pada stock price index terhadap rupiah exchange rate dalam kurun waktu pre-crisis. Untuk periode peak crisis ternyata antara rupiah exchange rate dengan stock price index mempunyai hubungan kausalitas yang lemah.
Lebih mendalam lagi studi ini juga menganalisis stock indices (Agulculture, Mining, Manufacturing dst) terhadap rupiah exchange rate ataupun sebaliknya.
Download file lengkap dlm English version Currency and Stock Market.
Bookmark and Share



-->

4 komentar:

Anonim mengatakan...

selamat malam pak, perkenalkan nama saya Siti Amaliah. saya ingin bertanya,bagaimana cara membaca hasil output VAR dari e-Views. apakah dengan melihat nilai t-statistik, lalu dibandingkan dengan apa?saya belum terlalu faham.mohon bantuannya pak. terimakasih!

SANJOYO mengatakan...

@Siti Amaliah,

Ass.

Membaca output VAR:
1. Koefisien-nya yang perlu adalah tanda positif atau negatif. Tak perlu diintertasikan secara ekonomi (karena model reduce form), mungkin bisa diinterpretasikan secara statistika yaitu perubahan (jika first difference) satu unit varians variabel independent thd var dependennya. Yang penting adalah Impuls respon function yang perlu diinterpretasikan secara mendalam.

2. Tanda (...) merupakan standar error dari koefisien model.

3. Tanda [...] merupakan nilai t-test bandingkan dg nilai table t (dg dk=n-1 dan alpa 5% atau 10%). Jika nilai t-test > t-table maka Ho (koef =0) ditolak, maka variabel tersebut berpengaruh thd dependenya.

Wass.

Alfred Tuname mengatakan...

bang,saya mau minta tolong.. abang, tolong penjelasaannya ttg volatilitas nilai tukar dengan metode GARCH...terima kasih abang...

dyaN's walL mengatakan...

Pak saya mau bertanya bagaimana pengolahan data menggunakan metode autoregressive dengan eviews20? Terutama untuk mencari persistensi inflasi. Makaasih sebelumnya. Infonya sangat ditunggu

Poskan Komentar